10 Kesalahan pada Web
24.10.11 by Zaza in Label: , ,

Kesalahan no 1
kesalahan pada website ini adalah pencarian kurang relevan, ketika dilakukan pencarian dengan kata kunci “kecelakaan di tol cipularang” tidak muncul hasil yang dimaksud. Yang ditampilkan juga hanya judul link pencarian saja, tidak ada satu atau dua baris isi kalimat yang dapat mendukung maksud dari pencarian. Juga tidak menampilkan history pencarian atau saran pencarian bila melakukan kesalahan dalam penulisan atau mesin pencari tidak menemukan hasil yang dimaksud.
Kesalahan no 2
www.exosites.files.wordpress.com
Ketika link tersebut dipilih, maka keluar tab baru yang berisi permintaan untuk mendownload file pdf, sementara isi tab hanyalah sebuah halaman kosong. Hal ini cukup mengganggu karena user hanya bisa mengakses berkas pdf tersebut hanya ketika sedang terhubung dengan internet. 

Kesalahan no 3
Warna dari link yang telah dikunjungi tidak berubah warna. Salah satu masalah yang timbul adalah user tidak tahu halaman mana yang sudah dikunjungi dan yang belum. Jika warna dari link berubah, user bisa memanfaatkannya agar tidak memasuki halaman yang telah dikunjungisebelumnya, atau justru menghindari halaman tersebut untuk kemudian melanjutkan pencarian.

Kesalahan no 4
Jenis huruf dan ukurannya cenderung sama. Sehingga tidak ada prioritas hal-hal yang biasanya dikunjungi. User dipaksa untuk mencari sendiri hal-hal yang ingin ditemukannya.
Kesalahan no 5
Web ini sebenarnya mudah dimengerti, sangat sesuai dengan tujuannya. Ketika user membutuhkan untuk mengunduh produk tersebut, maka akan langsung terlihat link untuk melakukan intruksi tersebut.  Tapi ukuran tulisan dirasa terlalu kecil, sehingga user yang relative tua sulit membacanya. Selain itu, jarak antar tulisan juga terlihat padat.
Kesalahan no 6
Judul yang muncul di tab window bukan judul artikel yan bersifat unik, namun yang muncul adalah nama instansinya. Tentu user akan mengalami kesulitan untuk membedakan halaman yang satu dengan halaman yang lainnya. Kasus seperti cukup banyak ditemukan di website lainnya.
Kesalahan no 7
Iklan yan dipasang di web ini dinilai terlalu banyal, sehingga terkesan ‘ramai’. Bahkan ada iklan yang dibuat seolah-olah menjadi background dari web. Ukuran iklan juga cukup besar, baik yang di kanan dan kiri, di atas judul, maupun yang berada di sisi tulisan.
Kesalahan no 8
Aturan desain yang belum terpenuhi dari web ini adalah terlalu banyak warna-warna yang digunakan di setiap kontennya. Mungkin bermaksud memudahkan user dengan membeda-bedakan warna setiap konten, tapi karena konten yang muncul pada halaman awal cukup banyak maka akhirnya warna yang muncul juga banyak. Selain itu, desain dari sub yang ditampilkan juga kurang konsistem dengan desain awal. Meski tidak konsisten, desain tersebut justru dinilai lebih baik disbanding dengan halaman awalnya.
Kesalahan no 9
Ketika masuk ke sebuah link, muncul jendela baru. Meski dengan ukuran yang kecil, hal ini tetap sedikit mengganggu bagi user, karena setelah itu user harus ‘close’ kan jendela tersebut.
Kesalahan no 10
Ini adalah sebuah situs toko online untuk pemesanan baju. Pada awal halaman, muncul kategori pakaian yang ingin dibeli, misalnya pakaian anak. Lalu akan muncul halaman seperti yang ada dibawah. Kekurangan dari halaman tersebut adalah user terkesan dipaksa untuk langsung berbelanja. Karena pada halaman tersebut sama sekali tidak ada informasi tentang ukuran baju yang tersedia dan jenis bahan. Hal ini akan menyulitkan user karena harus mengklik kode nomornya dulu untuk mendapatkan informasi tersebut.





Posting Komentar