Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR
Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua
dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih
besar dari pada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi
dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standarisasi internasional dan
standarisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan
secara luas melalui ponsel di Jepang.
Definisi
Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan
dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu
dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan
tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan
respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan
informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara
horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat
menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.
Perkembangan penggunaan Kode QR
Awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di
manufaktur, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas,
termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang
ditujukan untuk pengguna telepon selular. Di Jepang, penggunaan kode QR sangat
populer, hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca kode QR sebab
sebagian besar pengusaha di sana telah memilih kode QR sebagai alat tambahan
dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun
dalam bidang jasa. Pada umumnya kode QR digunakan untuk menanamkan informasi
alamat situs suatu perusahaan. Di Indonesia, kode QR pertama kali diperkenalkan
oleh KOMPAS. Dengan adanya kode QR pada koran
harian di Indonesia ini, pembaca mampu mengakses berita melalui ponselnya
bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar
tersebut.
Fungsi kode QR
Kode QR berfungsi bagaikan hipertaut
fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah,
surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya.
Atau dengan kata lain sebagai penghubung secara cepat konten daring dan konten luring.
Kehadiran kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang
ditempelinya melalui ponsel
secara efektif dan efisien. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak
sendiri kode QR untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa
ensiklopedia kode QR .
1. Kepentingan komersial
Selain itu, desain QR memungkinkan penggunanya untuk memasukkan logo perusahaan, klip video ataupun foto ke kode QR, tanpa menghilangkan substansi informasi apapun dari sumber yang dimasukkan. Contoh penggunaan kode QR yang didalamnya memuat konten klip video adalah kode QR yang digunakan oleh kelompok penyanyi dari Inggris bernama Pet Shop Boys pada tahun 2007. Ketika kode dipindai dengan benar, maka pengguna akan diarahkan ke situs Pet Shop Boys. Selain itu pada tahun 2009 kode QR digunakan untuk kampanye pemasaran Movie 9 di San Diego Comic Con. Pada saat itu, pelanggan diberikan kartu yang menampilkan kode QR yang telah terintegrasi dengan karya seni yang bersangkutan. Jadi, pelanggan dapat mengakses cuplikan film melalui kode QR tersebut.
2. Kepentingan umum
Kode QR dapat dimanfaatkan sebagai keamanan
makanan dengan cara menambahkan kode QR yang berisikan data-data mengenai
kandungan nutrisi dan masa kadaluarsa pada tiap label makanan sehingga pelanggan
dapat merasa lebih aman dalam memilih makanan yang dibeli sebab mereka dapat
mengetahui informasi-informasi tentang makanan tersebut. Di Jepang, hal ini
telah diterapkan oleh McDonald. Terdapat 19 jenis " sandwich "
yang diberi kode QR yang mengandung informasi alergi, jumlah kalori dan nutrisi
yang terkandung dalam sandwich tersebut. Selain itu kode QR juga dapat
diberikan di halte bus, sehingga penumpang dapat mengetahui keberadaan bus yang
sedang ditunggu. Cara kerjanya adalah dengan memberikan hipertaut ke kamera CCTV di setiap jalan melalui koneksi internet pada
ponsel. Lebih lanjut lagi, kode QR dapat dipasang pada kartu pelajar, sehingga
akan mempermudah proses absensi siswa, dan mempermudah akses bagi para
siswa,guru, dan orang tua murid kepada informasi proses belajar mengajar.
Kelebihan kode QR
Kode QR memiliki kapasitas tinggi dalam data
pengkodean, yaitu mampu menyimpan semua jenis data, seperti data numerik, data alphabetis, kanji,kana,hiragana,simbol,dan kode
biner. Secara spesifik, kode QR mampu
menyimpan data jenis numerik sampai dengan 7.089 karakter, data alphanumerik
sampai dengan 4.296 karakter, kode binari sampai dengan 2.844 byte, dan huruf
kanji sampai dengan 1.817 karakter. Selain itu kode QR memiliki tampilan yang
lebih kecil daripada kode batang. Hal ini dikarenakan kode QR mampu menampung
data secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis ukuran
dari tampilannya gambar kode QR bisa hanya seperspuluh dari ukuran sebuah kode
batang. Tidak hanya itu kode QR juga tahan terhadap kerusakan, sebab kode QR
mampu memperbaiki kesalahan sampai dengan 30%. Oleh karena itu, walaupun
sebagian simbol kode QR kotor ataupun rusak, data tetap dapat disimpan dan
dibaca. Tiga tanda berbentuk persegi di tiga sudut memiliki fungsi agar simbol
dapat dibaca dengan hasil yang sama dari sudut manapun sepanjang 360 derajat
Implementasi
QR Code
Beberapa contoh berikut hanya sedikit contoh dari apa yang bisa dilakukan oleh “kotak acak hitam putih” ini.
Beberapa contoh berikut hanya sedikit contoh dari apa yang bisa dilakukan oleh “kotak acak hitam putih” ini.
- Tiket
pesawat/kapal
Beli tiket melalui internet atau jasa pembelian tiket.”Tiket” anda akan dikirimkan ke ponsel dalam bentuk gambar QR Code. Anda tinggal menunjukkan ponsel anda untuk di scan saat akan naik. Selamat tinggal tiket kertas… - Infotainment
Ketika anda berjalan-jalan di museum atau taman lalu menemukan objek yang menarik (patung misalnya), anda tinggal mengarahkan ponsel berkamera anda pada QR Code yang ada dan muncul informasi yang berhubungan dengan objek tersebut. - Identitas
virtual
Cetak kartu nama anda dengan QR Code dan anda akan memudahkan rekan bisnis dalam menginput identitas anda di ponselnya. Anda bisa memasukkan nama, alamat rumah/kantor, telpon, e-mail, situs web kantor dan apapun yang terbayangkan ke dalamnya. Mau dipajang di situs web pribadi atau friendster? Tidak masalah. Bila teknologi ini digandengkan di KTP/SIM, tentu sangat memudahkan dan praktis. Tidak perlu banyak operator manusia untuk melakukan pendataan atau proses administrasi. - Pendidikan
Perpustakaan dengan buku-buku yang sudah ditempel QR Code di sampul belakang. Peminjam hanya perlu “melihat” dengan ponsel informasi buku tersebut dan disimpan untuk referensi. Kampus bisa mencantumkan identitas, nomor rekening pembayaran, alamat blog dosen dan jadwal kegiatan penting lain di dalamnya. - Marketing
Di persimpangan jalan anda melihat sebuah spanduk iklan kamera terpampang jelas dan di sampingnya ada QR Code, oh rupanya di dalamnya terdapat identitas perusahaan, spesifikasi kamera dan harganya. Untuk melihat foto kamera jenis lain, tinggal di klik URL yang disertakan di dalamnya. Ponsel akan mengkoneksikan diri ke internet dan anda bisa melihat secara langsung kamera-kamera apa saja yang dijual produsen tersebut.
Pakai ponsel anda untuk memfoto buah semangka
yang akan dibeli dan muncul informasi dari daerah mana semangka itu berasal,
semangka jenis apa, berapa nilai nutrisinya, tanggal berapa dipetik dan
kadaluarsa.
Terdapat iklan film baru di majalah dalam
bentuk QR Code, ponsel anda pun mengkoneksikan diri ke internet untuk
mendownload trailer film tersebut. Dalam majalah yang sama ada press release
album baru penyanyi XYZ dan secara instant anda bisa langsung mendengar sample
lagu 30 detiknya.
Teori ini sudah dipraktekkan oleh banyak
pemilik usaha diluar negeri, contohnya di Jepang. Hampir sebagian pengusaha
disana telah memilih QR Code sebagai alat tambahan dalam program promosi
produknya, baik itu mereka yang bergerak dalam perdagangan, jasa, ataupun
sekedar pengumuman. Mereka biasanya menanamkan informasi alamat website, text,
nomor telepon, SMS (Short Message Sent) ke dalam QR Code yang mana ketika QR
Code reader membacanya, informasi yang ada dapat secara langsung di pindai oleh
QR Code reader dan siap diproses oleh customer
Perusahaan Sepatu Puma Jepang, memasang QR Code pada produk sepatu terbarunya sebagai dampak trend QR Code di jepang. Hal ini mempermudah pengguna Sepatu Puma, mengetahui informasi mengenai Sepatu Puma di Website Puma.
Perusahaan Sepatu Puma Jepang, memasang QR Code pada produk sepatu terbarunya sebagai dampak trend QR Code di jepang. Hal ini mempermudah pengguna Sepatu Puma, mengetahui informasi mengenai Sepatu Puma di Website Puma.
Di New York, USA, Contoh perusahaan yang telah
menggunakan QR Code sebagai alat promosi adalah Polo Ralph Lauren, perusahaan
yang bergerak dalam pembuatan/penjualan pakaian. Polo Ralph Lauren menambahkan
QR Code disetiap promosinya, baik iklan di TV, maupun iklan di media massa
seperti majalah. Customer Polo Ralp Lauren dapat memindai QR Code Polo Ralp
Lauren yang di link kan ke alamat mobile commerce site Polo Ralp Lauren melalui
mobile phone. Dan ini sangat membantu customer untuk mengetahui tentang
produk-produk Polo Ralp Lauren lainnya melalui e-catalog yang ada di mobile
commerce site Polo Ralp Lauren.
Selain itu juga, QR Code sebagai media promosi juga telah merambah ke dunia perfilman. Di Hollywood, salah satu rumah produksi perfilman disana menambahkan QR Code di setiap poster dalam mempromosikan filmnya. Contoh film yang menggunakannya antara lain Right: Indiana Jones dan The Kingdom of the Crystal Skull. Mereka menggunakan QR Code sebagai media bagi pengguna Mobile Phone mengakses Movie Trailersnya melalui internet.
Selain itu juga, QR Code sebagai media promosi juga telah merambah ke dunia perfilman. Di Hollywood, salah satu rumah produksi perfilman disana menambahkan QR Code di setiap poster dalam mempromosikan filmnya. Contoh film yang menggunakannya antara lain Right: Indiana Jones dan The Kingdom of the Crystal Skull. Mereka menggunakan QR Code sebagai media bagi pengguna Mobile Phone mengakses Movie Trailersnya melalui internet.
- Medis
QR Code yang ditempelkan pada sampel cairan seperti urine/darah dan di pergelangan pasien bisa mengurangi kesalahan dan meningkatkan keakuratan dalam tindakan medis. Di dalamnya bisa tercantum rekam medis singkat pasien, informasi pasien dan dokter yang menangani.
Sumber:
http://.../Mengenal QR Code _ Little Place of
Kamaruddin.htm
http://.../penggunaan-qr-code.html