Cuma Masalah Sign Out
6.9.11 by Zaza in Label: , ,

bismillah
==||==

haruskah sebelumnya dibuat sebuah prolog, bahwa sebenarnya postingan ini di bikin dalam rangka tugas kuliah (semoga niat Lillahi ta`ala tetep dapet)...

singkat prolognya, sebelum libur lebaran dapet tugas mata kuliah IMK. mengomentari tentang web gitu intinya mah..

maka sebelum ngerjain tugas tersebut, liat-liat dulu punya temen yang lain. wah, pada keren-keren banget (maksudnya pada niat banget ngerjainnya, kayaknya pada serching total dulu gitu...). saya bukannya gak niat dan gak total ngerjainnya, tapi kalau dipikir-pikir dan dibandingin sama yang lain, rasanya ide saya buat tugas ini rada minimalis alias sederhana banget...

ide tersebut tercetus karena teringat keluhan sendiri juga. waktu lagi menjelajah di facebook sering ngerasa ribet aja kalau mau logout buru-buru. harus ke header dulu...nah, beda sama google+ yang link sign out-nya dibuat statis (istilah kerennya apa sih??). bukannya bermaksud membanding-bandingkan sehingga persaingan terasa semakin panas (sok tau banget), hanya sedikit beropini...

meski tujuannya yang dirasa mirip antara keduanya, tapi ada inovasi yang diluncurkan sebagai pembedanya. kalau masalah sign out tadi saya merasa lebih nyaman dengan google+, tapi link lain kayak home, profil, dll relatif sama. design antarmuka-nya juga sama-sama nyaman, tidak ada warna yang terlalu mencolok dan font tulisannya juga pas di mata. link ke page lain juga terlihat beda dengan laman biasa. lantas kenapa urusan 'sepele' gini jadi masalah?

mungkin bagi beberapa pengguna dengan mobilitas yang cukup tinggi hal ini cukup mengganggu. karena ketika logout berada di atas berarti ada waktu, yang meski amat sedikit, terbuang untuk mengarah ke tempat tersebut. kalau hal itu bisa di efisienkan dengan cara yang telah dipraktekkan oleh g+, kenapa tidak?

well, itu sih hanya sedikit komen saya aja. kalau ada salah, harap maklum aja, belum pada kapasitas yang memadai juga soalnya. eh ya satu lagi, tapi bukan tentang sign out, tentang up date interfacenya free blogger. entah saya yang tidak up to date karena baru buka blogger lagi atau emang pembaharuan yang baru di lakukan, menurut saya tampilannya oke, lebih keren aja meski aga terasa kurang berwarna...





wallahua`lam...

  1. rada bingung juga sih sebenernya,,kalo menurut saya karena sudah terbiasa memakai facebook jadi suah terbiasa dengan fasilitas sign out yang ada dalamnya,,punya sih account google+, tapi karena ga sering menggunakannya jadi saya lebih nyaman dengan fasilitas facebook.

  1. Saya hanya akan mengomentari sedikit tentang ulasan yang dijelaskan diatas.
    Menurut saya, bila yang dibicarakan yaitu sign out dari fb dan g+ itu bukanlah masalah yang terlalu besar. Tetapi mungkin memang bisa mejadi masalah yang besar untuk sebagian user yang tidak memiliki banyak waktu ataupun dapat dibilang terburu-buru untuk mengerjakan hal lainnya seperti yang diungkapkan diatas.
    Tapi menurut tata letaknya,tidak terlalu ada perbedaan yang mencolok, bahkan terkesan sama yaitu berada di kanan atas interface.
    Mungkin penulis seharusnya dapat menjelaskan lebih detailnya bagaimana yang menurutnya kurang efisien saat melakukan sign out tersebut. karena mungkin yang saya bandingkan dengan penulis bandingkan berbeda dari segi tertentu.
    Sekian komentar yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. terimakasih

  1. Menurut saya kalau masalah Sign out tidak masalah, ini mungkin dibuat untuk membedakan antara facebook dan g+. tetapi, seperti yang telah dibahas oleh Rifdah, bagi pengguna dengan mobilitas yang cukup tinggi mungkin cukup terganggu. Saran saya untuk blog diatas, akan lebih baik lagi bila ditampilkan printscreen menu sign out dari kedua situs tersebut.
    mohon maaf apabila ada kata yang salah. terimakasih.

  1. fungsi sign out memang sangat penting, apalagi jika kita login d komputer umum, jika kita lupa sign out, bisa-bisa halaman kita di jelajahi orang yang tidak bertanggung jawab :D

    jadi memang sangat penting dimana letak tombol sign out berada pada suatu halaman situs, khususnya bagi kita yang sedang dalam keadaan terburu-buru, namun apabila sudah terbiasa dengan halaman tersebut, tidak ada masalah menurut saya :)

    Fiqrotul Ulya / G64090019

Posting Komentar